Wukuf di Arofah 2011

Berbagai media telah memberitakan, bahwa Wukuf Arofah untuk pelaksanaan haji tahun 2011 Insya Alloh dilaksanakan pada hari ini, sabtu 5 nopember 2011. Sebenarnya tentang pelaksanaan wukuf dan makna wukuf sudah pernah saya tulis di postingan tahun lalu.
Secara garis besar, bahwa wukuf di Arofah wajib dilakukan bagi jamaah haji, sebagaimana Sabda Nabi SAW, Al-hajju ‘Arafah‘, maksudnya adalah inti dan puncak haji adalah melaksanakan wukuf di Arafah. Makna wukuf adalah berdiam diri. Di Arafah, jamaah haji berdiam diri, melakukan introspeksi, bermuhasabah  tentang perjalanan hidupnya, sejak akil baliq hingga dia berada saat ini. Menimbang, dan mengukur proses perjalanan hidupnya. Seberapa banyak keshalehan yang telah dilakukan dan sebaiknya.

Pelaksanaan wukuf Arofah, dimulai tanggal 9 dzulhijah ketika matahari tergelincir sampai matahari terbenam. Ato kira-kira saat kita menjelang berbuka puasa arofah, calon jamaah haji  mulai menjalankan wukuf. Karena luasnya lokasi wukuf di padang Arofah, dan tiap maktab ada pagar pembatasnya, maka wukuf umumnya dikerjakan berdasarkan maktab, ato bisa jadi rombongan masing-masing. Dengan menghadap ke kiblat, wukuf diawali dengan kutbah wukuf, kemudian menjalankan shalat dhuhur yang dijamak  qasar dengan Asar. Selesai itu, masing-masing individu melakukan wukuf.

Waktu yang hanya sekitar 4 jam ini, harus benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal, dengan melakukan muhasabah, bertaubat, berdo’a, memperbanyak amalan amalan shalih lainnya untuk semakin mendekatkan diri pada Alloh Ta’ala. Maka tidak heran, pada saat itu di sana sini akan terdengar suara isakan tangis. Aliran air mata tidak ada yang bisa membendung, karena harapan akan terhapusnya semua dosa-dosa yang telah terjalani. Perlu diingat bahwa pelaksanaan wukuf sampai tenggelamnya matahari, kita harus menghindari hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti jalan-jalan, tidur, bahkan ngobrol yang tidak mendatangkan manfaat.

Dalam Shahih Muslim, dari Aisyah ra, dari Nabi saw bersabda: “Tidak ada suatu hari yang Allah swt lebih banyak membebaskan seorang hamba dari api neraka melainkan hari Arafah. Sesungguhnya Allah swt mendekat dan membanggakan mereka di hadapan para malaikat-Nya seraya berkata, “Apa yang mereka inginkan? ( tentu Aku kabulkan).”

Alloh SWT Maha Adil, Jika jamaah haji di tanah suci menjalankan wukuf di arafah dengan berharap mendapatkan ampunan dosa sebagaimana bayi yang lahir, maka kita yang tidak berhaji, diberikan kesempatan yang indah yaitu dengan puasa arafah pada hari yang sama, 9 dzulhijah. Abu Qatadah meriwayatkanbahwa Baginda Rasulullah saw bersabda : Berpuasa pada hari Arafah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.”(HR. Muslim).

Nah itulah pahala yang dijanjikan Allah swt akan keutamaan hari arafah. Apalagi mengingat pada hari arofah juga Agama Islam telah disempurnakan, sebagaima wahyu yang diterima Baginda Rasulullah saw,  “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3)

Semoga sodara-sodara kita yang saat ini sedang wukuf di arofah, diterima segala do’anya dan diampuni dosanya sehingga pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur, semakin shalih secara pribadi dan shalih secara sosial. Dan kita yang di tanah air, puasa kita diterima, dan dosa-dosa kitapun dilebur, amin
 ***
“Semoga kita dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat”
Wallahu a`lam bish-shawab,
semoga bermanfaat
Wassalamu’alaikum warromatullohi wabarrokatuh


Pakies

Pedagang pasar yang berdomisili di pinggiran kabupaten Blitar. Nekat ngeblog sebagai sarana menjalin silaturahim, belajar berwawasan, serta sarana rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

CommentLuv badge

Archives

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner