Puasa Arafah

Saya mengajak pada diri sendiri, keluarga dan sobat-sobat blogger untuk ikut mendulang pahala di bulan dzulhijah atau kalo orang kita bilang bulan besar, atau bulan qurban. Salah satu amalan sunah bulan ini adalah puasa arafah.

Kalau jamaah haji di tanah suci menjalankan wukuf di arafah dengan berharap mendapatkan ampunan dosa sebagaimana bayi yang lahir, maka kita yang tidak berhaji diberikan kesempatan yang indah yaitu dengan puasa arafah pada hari yang sama. yaitu sehari sebelum hari raya qurban. bedanya pada hari arafah, kalau jamaah haji tidak boleh menjalankan puasa tapi wajib menjalankan wukuf. sedangkan kita di tanah air cukup menjalankan puasa.

Persamaannya adalah dilakukan sehari sebelum hari raya i’dul adha, dan keduanya diharapkan melakukan amal kebaikan dengan memperbanyak dzikir, tasbih, istighfar dan amalan lainnya. Allah swt benar-benar Maha Adil. Subhanallah. Maka sampean yang belum berhaji jangan sedih, karena Allah telah memberikan jalan lain  bagi kita yag tidak berhaji dlam mendulang pahala di bulan dzulhijah ini. Ya semoga Allah swt segera memanggil ke tanah suci untuk sampean semua yang membaca postingan ini, amiin.

Hanya saja, pelaksanaan puasa arafah bagi kita di tanah air dan pelaksanaan wukuf bagi jamaah haji belum tentu sama waktunya. Pertama, perbedaan waktu dan tempat berselang 4 jam. Di samping itu penentuan hilal juga berbeda-beda. Maka tidak heran terkadang hari raya idul adha maupun idul  fitri antara Indonesia dengan Arab saudi berbeda. Bahkan negara kita  saja  seringkali kita temukan perbedaan hari.

Saya tidak akan membahas dan tidak akan mencari kenapa ada perbedaan. Saya tidak ahli dalam menetukan hari H-nya. Untuk memantapkan kapan hari raya ‘idul adha, saya gugling,dan menemukan beberapa sumber yang mengupas cara dan kapan penentuan hari arafah dan hari raya ‘idul adha. Kesimpulannya adalah, hari Idul Adha tahun 2010 1431 H adalah:

  • Muhammadiyah, 16 Nopember 2010
  • Nahdhatul Ulama, 17 Nopember 2010
  • Pemerintah RI, 17 Nopember 2010
  • Pemerintah Saudi Arabia, 16 Nopember 2010
Penjelasan selengkapnya saya kutip dari sumbernya berikut:
  • Muhammadiyah (Hisab-Wujudul Hilal): Berdasar maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 05/MLM/I.0/E/2010 dijelaskan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Ahad (Minggu), 7 November 2010. Karena pada saat ijtimak 29 Dzulqo’dah jatuh pada hari Sabtu 6 November pukul 11:53:04 WIB dengan tinggi hilal (bulan) pada saat matahari terbenam di Jogjakarta 01 derajat 34 menit 23 detik. Maklumat yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Dien Syamsuddin dan Sekretaris Agung Danarto tersebut sebenarnya bukan hal baru. Maklumat itu sudah diterbitkan PP Muhammadiyah tertanggal 16 Juli 2010 lalu. Isinya satu paket dengan penetapan awal Ramadan dan penetapan Lebaran Idul Fitri (10 September). 
  • Nahdlotul Ulama (Rukyah Hakiki): Berdasarkan kitab Sullamul Nayiren, ada tiga ahli hisab, ternyata ada satu yang berbeda. Maksudnya, dua memutuskan ‘Idul Adha 1431 H jatuh pada 17 Nopember 2010 M, karena 1 Dzul-Hijjah 1431 H jatuh pada 8 Nopember 2010 M. Sementara yang satu menyatakan ‘Idul Adha 1431 H jatuh pada 16 Nopember 2010 M, karena 1 Dzul-Hijjah 1431 H jatuh pada 7 Nopember 2010 M. Demikian juga dengan sistem Muwakkib, sistem modern, kitab Qowaidul Falakiah dan kitab Muntahal Aqwal, yang menjelaskan bahwa awal bulan Dzul-Hijjah 1431 H juga jatuh pada 7 Nopember 2010 M. Sementara dalam kitab empiris Hisab Rukyah, dari tujuh ahli rukyah yang melakukan penghitungan, tiga orang menyatakan 1 Dzul-Hijjah 1431 H jatuh pada 7 Nopember 2010 M, sedangkan empat orang sisanya pada 8 Nopember 2010 M. Dan berdasar kitab Almanak Nautika, dari tiga ahli hisab, satu menegaskan 1 Dzul-Hijjah 1431 H jatuh pada 7 Nopember 2010 M, sedangkan dua lainnya pada 8 Nopember 2010 M. Untuk memastikan Hari Raya ‘Idul Adha 1431 H, PWNU pada 6 Nopember 2010 akan menerjunkan tim rukyatul hilal di delapan lokasi. Berdasar hasil rukyat itulah, baru dapat dipastikan apakah ‘Idul Adha 1431 H, tanggal 16 atau 17 Nopember. Bila NU konsisten, insya Alloh 1 Dzul-Hijjah 1431 H akan jatuh pada 17 Nopember 2010 M. Tetapi bila ada klaim, seperti kasus awal Ramadhan 1431 H lalu, maka NU bisa jadi akan sama  dengan Muhammadiyah, ‘Idul Adha = 16 Nop. 
  • Pemerintah RI (ImkanurRukyah): Pemerintah bisa menetapkan Hari Raya ‘Idul Adha 1431 H setelah mengetahui hasil sidang Itsbath Kementerian Agama pada 6 Nopember 2010. Dalam sidang ini, seluruh ormas Islam dan perwakilan negara-negara Islam di Indonesia akan diundang. Menurut Dirjen Bimas Islam Prof Dr Nazaruddin Umar, sudah empat tahun ini umat Islam di Indonesia selalu memulai puasa Ramadhan dan merayakan hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha secara bersamaan, kecuali ada sekelompok kecil pengikut tarekat. “Selama 4 tahun ini tidak ada lebaran ganda. Namun pada penetapan ‘Idul Adha 1431 H, bisa saja terjadi perbedaan diantara ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama dengan Muhammadiyah. Karena metode yang dipergunakan kedua ormas ini tidak sama”
  •  Pemerintah Saudi (Rukyah): Karena sistem yang dipakai pemerintah Saudi Arabia untuk menentukan awal bulan adalah Rukyah, maka bila konsisten dengan hisab kontemporer; awal Dzul-Hijjah 1431 H menurut kriteria astronomi modern, di Saudi juga insya Alloh akan jatuh pada 7 Nopember 2010 M, ini artinya ‘Idul Adha 1431 H di Saudi juga akan jatuh pada 16 Nopember 2010 M.  

Nah, berbeda khan?. Terserah sampean mau ikut tanggal berapa idul adhanya, yang penting sebelum hari H itulah kita memiliki kesempatan dalam mendulang pahala. Allah swt telah menjanjikan pahala terhapusnya dosa setahun kemarin dan setahun ke depan. Apalagi puasa itu adalah milik Allah. hemm … siapa yang ndak pingin hayooo ….

Abu Qatadah meriwayatkanbahwa Baginda Rasulullah saw bersabda : Berpuasa pada hari Arafah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.”(HR. Muslim). Dalam Shahih Muslim, dari Aisyah ra, dari Nabi saw bersabda: “Tidak ada suatu hari yang Allah swt lebih banyak membebaskan seorang hamba dari api neraka melainkan hari Arafah. Sesungguhnya Allah swt mendekat dan membanggakan mereka di hadapan para malaikat-Nya seraya berkata, “Apa yang mereka inginkan? ( tentu Aku kabulkan)”

Nah itulah pahala yang dijanjikan Allah swt akan keutamaan hari arafah. Apalagi mengingat pada hari arofah juga Agama Islam telah disempurnakan, sebagaima wahyu yang diterima Baginda Rasulullah saw, “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3). Tapi jangan sampai kita berprinsip dosa kita ke depan telah dihapus trus tahun depan seenaknya kita melakukan dosa … prinsip ini jelas salahhhh.

Semoga saya dan keluarga termasuk teman-teman blogger dibukakan pintu hati untuk selalu mengingat keutamaan kehidupan berikutnya dengan memperbanyak amalan kebaikan. dan semoga kita bisa menjalankannya dengan diberikan banyak kemudahan, amiin
Wallahu a`lam bish-shawab,
semoga bermanfaat
wassalamu `alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Pakies

Pedagang pasar yang berdomisili di pinggiran kabupaten Blitar. Nekat ngeblog sebagai sarana menjalin silaturahim, belajar berwawasan, serta sarana rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

16 thoughts on “Puasa Arafah

  1. Saya ambil yg 17 November ajah pak Ies. Solanya kata guru agama. Ikuti khalifah di negerimu. Membelot dari khalifah, berarti tidak patuh syariat.

    Hehehehehe…

    Alnagkah lebih baik sebenarnyajika puasa dimulai sejak lalu tanggal 1 Dzulhijah lho….
    Faedahnya lebih besar, Tp ini sudah lewat ya..
    Hehehehehe

  2. Selamat malam pak.
    Kalau saya sih ikut pemerintah pak. dan Nu tentunya, karena NU ikut pemerintah. Hehehehe.
    ^___^

    Oh ya, mohon doa, saya sedang sakit nih. Semoga nanti biasa menyempatkan puasa arafah. Hiks….

  3. Saya jarang melakukan puasa h raya kurban um suka kelupaan hehehee…..mungkin bs di laksanakan untuk hari raya skarang….!!!

    Dah lama tidak brkunjung tampilannya tambah menarik aja ni blog lebih fress…sukses selalu UM.

  4. Lama tidak update posting Pak Ies? InsyaAllah puasa Pak Ies, terimakasih penjelasannya dalam menentukan perbedaan hari H-nya Idul Adha, jadi 'dong' saya sekarang.. :D

  5. Assalamu'alaikum Wr Wb…
    Apakabar Kang?
    Saya heran lho Kang, kenapa semakin kesini semakin bingung saja umat islam di Indonesia… Sama-sama islam saja menentukan hari raya sendiri-sendiri, untung saja saya tidak fanatik pada aliran tertentu jadinya hari rayanya bebas menyesuaikan lingkungan sekitar he.he.
    Semoga saja kita bisa menjalankan ibadah puasa sebelum hari raya qurban… amin

    Terimakasih Kang… :)

  6. penjelasannya mudah dipahami dan sangat bermanfaat.
    terima kasih sekali.
    wah ada yg mengadopsi gaya Kang Ferdinan Dj Site, kalau minumnya air putih cocok gak ya? hehe…

  7. jangan asal taklid buta saudaraku…. cari hujjah terkuat lah….googling kan bisa [hari gini gitu loh]….

    Shoum di hari Arofah semoga dapat menghapus (dosa) tahun yang lalu dan yang
    akan datang. Dasarnya hukumnya ditentukan oleh pelaksanaan haji di Makkah,
    ketika para jemaah haji sedang wukuf di Arofah, bagi yang sedang tidak berhaji
    disunahkan untuk puasa Arofah, bukan ditentukan oleh tanggal maupun harinya
    jatuh hari apa saja, yang penting puasa Arofah, berpuasa ketika jamaah haji
    sedang wukuf di Arofah

  8. Assalamu'alaikum….
    Matur nuwun sudah diingatkan…karena ini puasa sunnah memang kadang terlewatkan kecuali yg benar-benar memperhatikan.

    *nyruput dulu tehnya umi hihihi….permisi…

  9. aku bingung sebenar nya yang paling tepat yang mana ya .. solanya hari ini kan sudah wukuf di arofa, jadi hari ini puasa donk??? dan besok apa sudah sholat ..??? jadi binggung

    mohon saran nya donk

  10. fitri mengatakan…

    aku bingung sebenar nya yang paling tepat yang mana ya .. solanya hari ini kan sudah wukuf di arofa, jadi hari ini puasa donk??? dan besok apa sudah sholat ..??? jadi binggung

    mohon saran nya donk

    intinya : puasa arofah dilakukan oleh ummat yg tidak menjalankan haji, dimana mereka yang sedang berhaji sedang melakukan wukuf dipadang arofah, jadi kita di indonesial ini khususnya ya puasa arofahnya untuk tahun ini ya tadi tanggal 15 november 2011, tanggal 16 nya sholat ied.. kalau ada yg puasa tanggal 16 berarti dia menyalahi hadist.. HARAM hukumnya

    mungkin link gambar ini bisa sedikit memberikan penjelasan http://i52.tinypic.com/35mh9hi.jpg

    waullohualam bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

CommentLuv badge

Archives

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner