Kunci mobil tertinggal di dalam

Orang bilang, jangan masuk lubang untuk kedua kalinya. Eh saya justru telah tiga kali mengalaminya. Kalo disimpulkan, semua akibat ketergesa-gesaan dan tentu saja ada imbuhan lupa. Ini manusiawi ato kebangetan ya. Padahal, Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tergesa-gesa termasuk perbuatan syetan (HR. Tirmidzi), tentu saja hati-hati adalah dari Allah SWT. Di dalam Al Qur’an, Allah berfirman: ”Manusia diciptakan tergesa-gesa (Al Isra’ : 11)”

Gini, telah tiga kali kunci kendaraan saya ketinggalan di dalamnya tapi nggak di satu kendaraan. Kejadian terakhir adalah kemarin malam, di kendaraan yang biasa. Tanpa alarm dan tanpa power windows. Saat pulang dari rumah sakit nganter Om yang terbaring sakit, saking ngantuknya karena sudah dini hari, bruk … bruk … semua pintu  saya tutup secara manual. Trus, bingung mo nutup garasi, ternyata kunci mobil tertinggal di dalam, padahal jarak dari rumah cukup jauh.

Kata teman saya, kalo kejadian seperti itu teralami, jangan panik. Jalan keluarnya gampang, tinggal ambil hape trus telpon ahli kunci. Weks, masak dini hari gini saya harus nelpon tukang kunci yang tentu masih enak-enaknya bergulung dengan selimut. Akhirnya bagian otak yang harus memutar cara ala McGyver. Maka pikiran saya harus nyari penggaris untuk membuka pintu depan melalui kaca. Ini kan cara klasik pencuri mobil. Ndak apa, cara ini bukan pengalaman pribadi kok, hanya ngeliat waktu Ahli kunci beraksi membuka pintu mobil yang terkunci, termasuk ketika kunci mobil tertinggal di dalam.

Karena penggaris ndak ada, akhirnya pilihan saya jatuh pake kawat yang ada di garasi. Untung ini saya simpan. Maka langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka karet pelindung di tepi kaca pintu depan, untuk memberikan ruang ketika kawat ato penggaris kita masukkan ke dalam. Selanjutnya kawat yang ujungnya sedikit dibengkokan saya masukkan kedalamnya, sambil disentuhkan dan diutak-atik terserah pada kita pada kawat -kawat pengunci di dalam doortrim, sampai akhirnya terdengar bunyi klek dan knop penutup pintu terangkat ke atas. Maka pintu bisa dibuka.

Tentu tiap mobil nggak sama dalam membuat sistem penguncian, apalagi jika dilengkapi dengan power windows plus central lock dan alarm. Bahkan saya pernah mengalami mobil terkunci dari dalam, dan mobil dalam keadaan masih hidup. Untungnya saya masih menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman, sehingga nggak membutuhkan waktu lama mengatasinya. Coba bayangkan kalo kita ndak ada persiapan seperti kejadian pertama saya tadi, tentu bikin mumet.

Dari kejadian-kejadian ini, saya mulai harus berbenah diri, antara lain:

  1. Membiasakan diri mematikan mesin kendaraan sebelum kita turun dan langsung mencabut kunci dari tempatnya. Barulah setelah itu menjalankan aktivitas lain, membereskan barang dan keperluan lainnya.
  2. Jika mobil tidak pake alarm, saya usahakan untuk mengunci semua pintu mobil pakai kunci yang telah kita cabut tadi. Cara ini akan membiasakan kita selalu membawa dan mencabut kunci mobil dari tempatnya. Sebab kejadian yang saya alami terakhir, karena kebiasaan saya ngunci pintu dengan cara menekan knop pengunci dari dalam dan menarik handle pintu dari luar sambil menutup pintu agak keras.
  3. Ini yang saya lakukan jika mobil menggunakan central lock dan alarm, yaitu membuat kunci duplikat dan diletakkan pada bagian bawah mobil sekitar kaki-kaki mobil, atau terserah kita nyimpannya, asalkan aman, kita sendiri yang tahu dan mudah terjangkau. Kayak nyimpen harta warisan. Sebab kalo kita sembarangan nyimpennya, bisa berabe kalo ketahuan orang lain yang tidak bertanggungjawab. Sebelum disimpan, kunci kita bungkus dengan lapisan yang kedap terhindar dari air agar kunci nggak gampang berkarat.
  4. Saya pernah baca ada cara lain membuka mobil terkunci pake bola tennis yang dilubangi sebesar jari kelingking. Lalu, lubang bola teniis dihadapkan pada lubang kunci mobil. Selanjutnya ditekan pake telapak tangan secara halus, sampai knop pembuka pintu naik ke atas. Tapi entahlah, tips ini belum pernah saya coba, soalnya saya ndak punya bola tennis.
  5. Silahkan sampean tambahkan di komentar, jika sampean punya tips-tips jitu dan bermanfaat.

Itulah beberapa hal yang harus saya perhatikan, agar berikutnya saya tidak masuk lubang ke sekian kalinya, kunci mobil tertinggal di dalam.

 


Pakies

Pedagang pasar yang berdomisili di pinggiran kabupaten Blitar. Nekat ngeblog sebagai sarana menjalin silaturahim, belajar berwawasan, serta sarana rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

CommentLuv badge

Archives

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner