Jalan-jalan ke Pondok Pesantren di Jombang

Kamis kemarin liburan, kesempatan ini saya gunakan untuk mengajak anak-anak jalan-jalan ke Jombang.  Tujuan jalan-jalan kali ini adalah memperkenalkan anak-anak pada beberapa sekolah dan situasi pondok pesantren di Jombang.

Tiga tempat yang menjadi tujuan utama, yaitu Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras dan Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Mungkin kalo pinjam bahasa DPR adalah, jalan-jalan eh keliru studi banding. Biar anak-anak memiliki pengetahuan tentang kehidupan santri pondok, dengan harapan mereka dapat menemukan pembelajaran tentang hidup kemandirian.
Anak-anak saya sebenarnya sekolah bukan yang berbasis pondok, tapi sekolah Islam Terpadu SDIT dan SMPIT.

Pondok pesantren Darul Ulum Jombang
Kami dari Blitar langsung meluncur ke Pondok pesantren Darul Ulum Jombang, tepatnya di jl Rejoso Peterongan Jombang. Kira-kira 3 km lebih dari kota Jombang ke arah surabaya.

Kami langsung menuju kantor pusat untuk mendapatkan informasi yang ternyata di sana cukup banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya sekolah dan mondok di sini. Dari brosur yang di sediakan di kantor pusat, ternyata ponpes ini memiliki unit pendidikan formal yang sangat banyak, mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi.

MIN Darul Ulum, SD Plus Darul Ulum, SLB Darul Ulum, MTsN Darul Ulum, MTs Plus Darul Ulum,  SMPN 3 Peterongan di PP.Darul Ulum, SLTP Unggulan Darul Ulum 1, SMP Darul Ulum 2, SMP Darul Ulum 5, MAN Darul Ulum, SMU Darul Ulum 1 Unggulan BPPT, SMU Darul Ulum 2 BPPT RSBI, SMK Telkom  Darul Ulum, SMU Darul Ulum 3, SMK Darul Ulum 1, MA Unggulan Darul Ulum, AKPER Darul Ulum,   UNIPDU, UNDAR.  selengkapnya bisa sampean kunjungi di www[dot]darululum [dot[net.

Selanjutnya setelah anak-anak merasa cukup atas apa yang dilihat dan dipelajari, kita pindah ke lokasi kedua.

Pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras
Pondok pesantren ini Bahrul Ulum terletak di desa Tambak Beras, kira-kira 4 km dari kota Jombang ke arah utara. Lokasi Ponpes ini berada di jalan raya menuju kota Babat Lamongan. Ponpes yang berdiri sejak tahun 1838 juga cukup luas. Kami sempat sholat duhur di sini, ini kesempatan anak-anak bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan santri di ponpes ini. Walopun tidak terlalu lama, tapi ada beberapa hal yang bisa dilihat. Bagaimana santri mencuci sendiri pakainnya, lalu lalang santri dengan membawa beberapa buku tebal, ada yang berangkat dan pulang sekolah.

Pondok Pesantren Bahrul Ulum secara umum menyelenggarakan pendidikan formal dan non formal. Untuk pendidikan formal mengacu pada kuriklum DEPAG dan DIKNAS. Adapun yang mengikuti kurikulum DEPAG, meliputi MI Bahrul Ulum, MTsN Bahrul Ulum, MTs Bahrul Ulum, MAN Bahrul Ulum dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bahrul Ulum. Sedangkan pendidikan fromal yang mengikuti kurikulum DIKNAS meliputi, SMP Bahrul Ulum,  SMA Bahrul Ulum dan SMK Tehnik Bahrul Ulum.

Pondok pesantren Tebu Ireng Jombang
Tebu Ireng, kata yang sangat melekat dengan Almarhum KH Abudrrahmad Wahid atau Gus Dus. Di sinilah Gus Dus di makamkan.

 
Komplek makam Tebu Ireng, salah satunya adalah Makam Gus Dur
 
Mas Rio posisi wueenak 

Kami tidak banyak menimba informasi di Pondok pesantren Tebu Ireng, karena hari sudah siang dan anak-anak kelihatan sangat kecapekan. Akhirnya kita langsung masuk ke Masjid besar yang berada di belakang kompleks makam keluarga.

Profil selengkapnya dari Pondok pesantren Tebu Ireng bisa kita akses di www[dot]tebuireng[dot]net.

Sambil beristirahat, saya memperhatikan orang-orang yang datang berziarah ke makam Gus Dus terus menerus mengalir. Mereka duduk di belakang makam, mungkin mereka berdo’a  dan ada juga yang  membaca Al Qur’an. Wallahu a`lam bish-shawab.

Ada satu yang membuat saya sangat tertarik, bukan di kompleks makam, tapi di dalam masjid yaitu beberapa santri nampak memegang Al Qur’an, sekilas saya menyimpulkan dia sedang menghafal. Karena tertarik, saya mencari kesempatan untuk bincang-bincang dengannya. Ketika salah satu santri itu sedang tidak membaca, langsung saya dekati. Belum saya mendekat, justru dia yang menghapiri kita.

“Assalamu’alaikum” sapanya sambil langsung bersalaman, ketika hendak mencium tangan saya, langsung saya alihkan  karena saya menjadi malu.
“Wa’alaikum salam” jawab saya
“Mas, sampean santri di sini ya
“Saya di Pondok pesantren yang di sebelah timur jalan Pak, bukan di sini”
“Lho … kok ada di sini” tanya saya penasaran.
“Ini adalah waktu istirahat saya, yaitu jam 1 sampai mendekati asar nanti. Saya sering ke sini”
“Trus tadi kok kelihatan asyik membaca Al Qur’an ?” tanya istri saya
“Iya Bu, saya sedang mengulang hafalan”
“Subhanalloh ...” saya terkejut, karena santri yang bernama Mas Adam dari Cirebon ini memanfaatkan waktu istirahatnya dengan mengulang hafalan Al Qur’an. Benar-benar menjadikan waktu yang sangat bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

Mas Adam

Selanjutnya Mas Adam menceritakan bahwa dia mondok di  Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebu Ireng Jombang. Mas Adam sendiri juga sekolah di Aliyah, namun yang diutamakan adalah Tahfidh (Menghafal Al-Qur’an).

Sampai rumah karena penasaran, saya gugling tentang ponpes Madrasatul Qur’an dan penjelasan komplitnya bisa sampean akes www [dot] mqtebuireng [dot] com.

Siapa yang tidak ingin menjadi penghafal Al Qur’an, tentu akan ada banyak kenikmatan di dunia dan akhirat yang Insya Alloh di dapatkannya.
Semoga Alloh swt membuka hati dan limpahan kemudahan untuk anak-anak saya mengikuti jejak para Hafidz. Amin
semoga bermanfaat
wassalamu `alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pakies

Pedagang pasar yang berdomisili di pinggiran kabupaten Blitar. Nekat ngeblog sebagai sarana menjalin silaturahim, belajar berwawasan, serta sarana rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

CommentLuv badge

Archives

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner