Gabaken

Sudah seminggu ini saya dan istri disayang Alloh Ta’ala dengan diberikan sedikit gangguan di tubuh, gabagen. Saya tidak tahu bahasa medisnya apa, apakah sama dengan campak atau morbili. Entahlah yang jelas masalah ini bersarang hampir seminggu di tubuh kami.

Salah Diagnosis
Salah diagnosis bukan dilakukan oleh dokter loh, tapi kamilah yang salah menerjemahkan apa yang kami alami. Kebetulan, istri saya terlebih dahulu yang mengalaminya dan selang sehari barulah saya yang mengalami gelaja ini.

Awalnya, yang kami rasakan adalah:

  • seluruh persendian tubuh terasa sakit dan ngilu jika digerakkan
  • badan terasa lebih besar, seolah membengkak terutama di daerah persendian
  • mata merah gatal dan agak perih

Kenapa salah diagnosis ?, karena kami berdua sebelum mengalami ini, masing-masing melakukan aktivitas yang jarang kami lakukan.

  • Istri saya, sebelum mengalami gejala di atas naik sepeda statis dan melakukan treadmill di rumah. Maka, Ia menganggap kedua aktivitas inilah yang membuat persendian tubunya sakit ‘njarem’ semua. Disaming itu kegemarannya akan bakso menguatkan keaykinannya kalo TG dan asam uratnya ngamuk.
  • Sehari sebelum mengalami kejadian di atas, saya pijet di tukang urut laki-laki. Sudah lama saya nggak pijet¬† soalnya nggak pernah nemu tukang pijet laki-laki yang enak. Di lingkungan saya, kebanyakan tukang pijetnya cewek dan emak-emak. Saya kan risih dipegang wanita lain, lagian bukan muhrimnya.¬† Pak Ribut, demikian nama beliau mijetnya makyusss bin manteb markotob uenaaak tenan, dan malamnya sayapun tidur nyeyak sekali lebih enak dari biasanya. Hanya saja, begitu bangun pagi, seluruh persendian tubuh saya sakit semua, body sangat nggak nyaman, mata gatal dan perih. Sayapun memvonis, karena lama nggak dipijet akhirnya njarem semua.

Karena kami berkesimpulan ‘njarem’nya tubuh akibat kejadian diatas, maka kamipun memutuskan untuk istirahat dari aktivitas, tidur sapa tahu sehari istirahat badan lebih bugar kembali

Di hari berikutnya, bukannya bertambah membaik malah, malah gatal-gatal menjalar di sekujur tubuh. Gejala yang ada membuat kami memutuskan ke dokter, dokter pilihan kami. Sayangnya, ketika kami ke tempat prakteknya pasien selalu penuh yang kami perkirakan jika harus ngantri membutuhkan waktu berjam-jam. Bahkan tiga kali ke sana, tiga kali pula kami gagal bertemu. Akhirnya, saya berinisiatip ke salah satu apotik yang paling ramai, dan ketika ngomong-ngomong dengan salah satu petugas katanya kami mengalami penyakit gabaken. Lalu kami diberikan obat gabaken. Awalnya saya ragu dengan pengobatan seperti ini, dan setelah berkonsultasi dengan salah satu dokter lain kenalan saya yang berada di luar kota, kamipun mengkonsumsi obat gabaken itu.

Dan Alhamdulillah, nyeri dipersendian sudah berkurang, sehingga ketika melakukan gerakan shalat sudah jauh lebih nyaman. Padahal sebelumnya, untuk bangkit menjalankan rakaat kedua dan seterusnya kami harus memegang sesuatu sebagai penahan agar bisa berdiri. Lalu, bengkak di tubuh juga berkurang. Termasuk mata merah dan gatal sudah nggak terasa lagi.

Yang masih tersisa sekarang adalah gatal di seluruh tubuh yang dibarengi dengan munculnya beberapa bintik-bintik kecil tapi nggak sampai ada cairan di dalamnya. Juga nggak sampai menimbulkan ruam. Disamping mengonsumsi obat pengurang rasa gatal, menggaruk adalah aktivitas ternikmat yang bisa kami lakukan saat ini. Saling garuk diantara kami berdua terkadang kami lakukan, karena digaruk orang lain lebih nikmat.

Karena gatalnya hampir sekujur tubuh, maka sayapun dalam 2 hari terakhir selama 24 jam terus menerus pakai sarung. Karena nggaruknya lebih enak dan lebih bebas kemana-mana.

Wallohu Ta’ala A’lam
semoga bermanfaat

Pakies

Pedagang pasar yang berdomisili di pinggiran kabupaten Blitar. Nekat ngeblog sebagai sarana menjalin silaturahim, belajar berwawasan, serta sarana rekreasi pikiran untuk mendapatkan hikmah di dalamnya

37 thoughts on “Gabaken

  1. walah gabake ini dulu waktu kecil pernah saya alami kangmas. memang rasane mbingungke. btw- ALhamdulillah kalau bintik sudah keluar itu hanya tinggal gatal doang memang. tinggal menikmati garukan dalam sarung kali ya. tapi kalau sampai keluar air jangan digaruk lagi, jare iso nular ke kulit yang lain.. saya turut prihatin, tapi tetap saya ucapkan selamat garuk menggaruk hehehe
    tips wisata murah recently posted..Sebab Malas Dan cara Mengatasi Atau MengusirnyaMy Profile

  2. waduh, kalau gatal jangan digaruk pak ies, nanti bisa melebar bintik merahnya

    kalo saya lebih percaya pada obat tradisional, kalo saya gabaken, pasti akan menggunakan jagung muda, jagung muda saya tumbuk kemudian dioleskan tubuh, selain itu saya juga minum obat tablet Acyclovir

    kalo boleh saya memberi saran, kalau ingin menghilangkan bintik merahnya, njenengan kasih salep acyclovir, harganya kalau tidak salah 6-8rb di apotik

    semoga cepet sembuh mas, jangan sampai mbekas, karena lama ilangnya ^^
    imamboll recently posted..Andai Aku Menjadi Ketua KPKMy Profile

  3. jangan kenceng2 garuknya mas. Nanti malah jadi lecet. Sebab kulit sedang sensitif. Diusap2 aja…

    • bahasa jawanya gabaken, ini kalo nggak salah ditularkan oleh virus. Insya Alloh efeknya nggak memberikan bekas, hanya saja proses penyembuhannya agak lama

  4. gabaken itu cacar air ya pak?
    soale beberapa bulan yang lalu suami pun kena cacar air.
    ngeliatnya aja gak tega, gimana klo ngerasain …
    eh saya mah udah kena ding, tapi waktu masih kecil, jadi udah aman sekarang hehehe

    lekas pulih ya pak
    nique recently posted..Kumaha Ngke WehMy Profile

    • alhamdulillah saya taburi bedak salicil dan minum obat, sekarang sudah sembuh. Dan kebetulan kemarin saya sempat mandi tapi nggak berefek kok. Soalnya udah seharian nggak mandi badan terasa risih

  5. haduh Pak Ies, punten dangu mboten sowan mriki.
    gabagen ini yg gatalnya mirip2 alergi dingin itu kali ya? kalau udah menggaruk, rasanya gak mau berhenti. Tapi syukurlah sudah mulai membaik.
    Moga Pak Ies dan ibu cepat sehat lagi dan bisa beraktifitas seperti semula, amin…
    narti recently posted..Warung EnaakMy Profile

  6. Kalau ditempat saya, barang siapa yang gabaken segera minum air degan ijo Ust. dan hasilnya lumayan manjur, maklum belum punya dokter pilihan hehe

    Semoga Ust. Pakies dan keluarga selalu diberikan kesehatan olehNya
    Sofyan recently posted..Hallo . . .My Profile

    • enak lagi kalo ke sungai ada batu besar, kita nggaruk pake batu itu disamping merata juga terasa anget. Ini dulu saya lakukan ketika kecil di kampung, sayangnya sungai sekarang batunya habis dipecah untuk bahan bangunan.
      Alhamdulillah skarang sudah sembuh Dhe

  7. Syafakallah kang dan sang istri tercinta, ?? ?? ??? ?? ?????? dosa – dosa gugur lagi seiring dgn sakit yg diberikan Allah..?????????????????????? ?? ??????????

  8. Mungkin ini karena pengaruh cuaca atau pergantian musim sehingga badan terasa u yang capek dan sakit semua. Kalau saya muncul apa yang dinamakan dompo pak. Meski cuma satu yang muncul tapi sembuhnya agak lama.

    ??l?s

    ???nd u???l??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

CommentLuv badge

Archives

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner